Connect
To Top

Imaji Lintas Kultur

Kolaborasi karya desainer Mel Ahyar dan desainer asal Thailand, Ek Thongprasert membuka perhelatan tahunan Senayan City Fashion Nation Ninth Edition yang berlangsung pertengahan April silam. Hasil interpretasi terhadap batik dituangkan dalam koleksi bertema “Jardin D’Eden”. Ek Thongprasert menghadirkan motif batik dalam bahan transparan dan bentuk tiga dimensi dengan bantuan teknik laser cut yang berciri kontemporer. Sedangkan Mel Ahyar menerjemahkan motif batik Belanda tahun 1840-1890 dalam bentuk bordir hasil kolaborasi dengan illustrator Ammy Tawaqal yang sarat nuansa feminin.

Sebagai penutup perhelatan ini, Runway Hits menampilkan koleksi bertema “Celebrasian” karya empat desainer berbakat lintas negara, yakni Atsuki Takahashi dari Jepang, Q Design & Play dari Thailand, serta Stella Rissa dan Tri Handoko dari Indonesia. Koleksi paling menonjol adalah serangkaian busana serba putih bertema “Ronin” dari label Austere by Tri Handoko. Kesan androgini begitu kuat dengan aksen tumpuk dari rok dan celana dipadu atasan yang dilapisi outer serta detail menarik seperti lipit, rumbai, kantung, dan hoody.

Dalam rangkaian acara ini disuguhkan pula Capsule Collection, yaitu koleksi busana siap pakai yang diproduksi secara eksklusif dari tiga label yang mengolah material Nusantara, yakni IKAT Indonesia by Didiet Maulana, TIK Prive by Iwet Ramadhan, dan Purana by Nonita Respati.

Batik turut disajikan dalam pameran instalasi karya desainer Didi Budihardjo yang memperingati 25 tahun berkarya di dunia fashion. Dengan mengangkat tema “Sawunggaling” yang merupakan hasil penerjemahan atas simbolisme batik karya K.R.T Hardjonagoro Gotikswan dan Iwan Tirta. Selain itu, digelar Pop Up Scarves Installation dari Patrick Owen sebagai program Corporate Social Responsibility Senayan City yang menyumbangkan hasil penjualannya untuk yayasan sosial.

Lihat koleksi lengkap:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

More in Runway

  • Batik Kudus di Pasar Malam

    Melalui label Balijava, Denny Wirawan membuktikan kepeduliannya untuk terus menghidupkan wastra warisan leluhur. Ia kerapkali diundang untuk menampilkan koleksi Balijava di...

    Siti RahmahSeptember 8, 2015
  • Fendi Terus Melaju dengan Fur

    Mengolah kemewahan material faux corduroy, Fendi mendandani laki-laki dengan tampilan beda.

    Christina M. AndersonAugust 28, 2015
  • Dua Sisi Perempuan dalam Busana Couture

    Untuk pertama kalinya desainer Hian Tjen menggelar fashion show tunggal. Dua hal yang membuat pagelaran ini jadi menarik. Pertama, busana yang...

    Siti RahmahAugust 22, 2015
House of Harlow 1960